Senin, 31 Desember 2018

Cerdaskan Si Kecil Lewat Cara Mengajari Anak Membaca yang Asyik

Membaca, membuka jendela dunia. itulah kata pepatah yang seharusnya dilakukan demi meraih kesuksesan. Wawasan pengetahuan diperoleh melalui kegiatan membaca. Dengan membaca sejak kecil, wawasan akan banyak diperoleh ketika dewasa nanti. cara mengajari anak membaca yang asyik ini bisa membuat anak suka membaca, bahkan membutuhkannya.


Membiasakan Anak Membaca
Sebenarnya membaca adalah kegiatan yang sangat seru dan menyenangkan. Anda bisa mengajak anak membaca secara perlahan. Berilah ia contoh bahwa Anda juga melakukan kegiatan yang sama. Ajaklah anak membaca di tempat yang tenang dan menyenangkan, seperti di ruang keluarga, teras, taman rumah, taman kota, bahkan perpustakaan.

Dengan berbagai ajakan menarik tersebut, Anda bisa membiasakan membaca kepada anak. Si kecil akan mengerti bahwa membaca adalah kegiatan yang mengasyikkan karena memberikan banyak pengetahuan. Mereka menjadi tahu banyak hal. Dengan ketertarikan ini, minat baca anak bertambah dan semakin meningkat dengan motivasi dari Anda.

Mendekatkan Anak dengan Buku
Buku adalah sumber literasi berupa tulisan cetak yang sangat membantu meningkatkan wawasan pengetahuan. Kegiatan membaca adalah salah satu kemampuan literasi untuk meningkatkan pengetahuan. Dengan membaca buku, setiap orang akan mengetahui banyak hal. Sama halnya dengan anak yang semua keingintahuannya bisa terjawab dengan membaca.

Pendekatan anak dengan buku dapat menjadi cara asyik dalam membiasakan anak membaca. Caranya dengan menyediakan buku di beberapa area, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan meja belajar. Secara otomatis, anak jadi lebih dekat dengan buku. Buku juga bisa disediakan ketika anak bermain di teras. Pastikan buku yang disediakan sesuai dengan usianya.

Mengenal Buku Bacaan Favorit Anak
Buku merupakan bahan bacaan yang beraneka ragam. Banyak jenis buku yang sesuai untuk anak-anak. Anda bisa memberikan buku bacaan favorit anak agar ia senantiasa senang membaca.
Untuk mengetahui bacaan favoritnya, Anda bisa mengamati kegemaran anak. Amati buku genre apa yang ia baca. Anda juga bisa mengajaknya ke perpustakaan untuk mengetahui buku apa yang dipilih. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan kepada si kecil secara langsung.

Setelah mengetahuinya, Anda dapat menyediakan bahan bacaan favoritnya terlebih dahulu agar anak lebih tertarik dan mempertahankan minat bacanya. Cara mengajari anak membaca seperti ini terbilang efektif. Anda dapat mencobanya sendiri.

Membuat Buku Sendiri
Penyediaan buku sebagai bahan bacaan anak sangatlah efektif meningkatkan minat bacanya. Kemampuan membaca juga semakin meningkat karena kebiasaan positif tersebut. Selebihnya, ada cara jitu lainnya untuk meningkatkan ketertarikan anak dalam membaca. Apakah itu?
Anda dapat mengajak anak untuk membuat buku sendiri agar tidak bosan hanya membaca buku karya orang lain. Sebagai solusinya, ajaklah anak membuat buku sendiri. Buatlah cerita bersama anak dan bentuklah menjadi buku dengan desain menarik.

Setelah jadi, si kecil akan menyayangi buku tersebut dan menghargainya sebagai karya. Jika sudah biasa membaca, justru kemampuan menulisnya juga bisa meningkat. Jadi, secara tidak langsung Anda melatihnya untuk berimajinasi dan mengembangkan kemampuan menulisnya. Jika mampu, anak bisa menjadi penulis.

Bermain Scrabble
Cara asyik terakhir dalam mengajari anak membaca adalah bermain scrabble. Permainan penyusunan kata ini bisa menjadi alternatif dalam mengajari anak membaca. Permainan ini bisa menambah kosakata anak serta meningkatkan kemampuan membaca. Nantinya, kemampuan linguistik si kecil akan meningkat dan lebih tertarik untuk membaca.

Penerapan kebiasaan positif sangat diperlukan anak. dengan pembiasaan membaca, anak mampu mengembangkan otaknya dan mendapatkan beragam wawasan. Penerapan cara mengajari anak membaca dengan beragam metode seru tersebut akan meningkatkan kemampuan membaca. Karenanya, pemahaman dan kemampuan menulisnya semakin baik.
Comments